Kamis, 02 Juni 2016

Manusia dan Tanggung Jawab Serta Pengabdian

Manusia adalah kita, makhluk yang paling sempurna yang diciptakan tuhan.  Yang diberikan tempat tinggal di Bumi yang nantinya akan dimintai pertanggung jawaban kita selama kita hidup di dunia ini.  apa itu tanggung jawab ?  

Menurut kamus umum Bahasa Indonesia, tanggung jawab adalah keadaan wajib menanggung segala sesuatu, sehingga bertanggung jawab menurut kamus umum Bahasa Indonesia adalah berkewajiban menanggung, memikul jawab, menanggung segala sesuatunya atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya.

Jadi kita akan menanggung akibat dari pertanggung  jawaban  kita sendiri tentang apa yang telah kita lakukan. Yang paling penting adalah bagaimana kita bertanggung jawab kepada diri sendiri dan kepada tuhan nantinya yang telah memberikan kita hidup ini. 

Ketika kita bekerjapun kita akan melaksanakan tanggung jawab kita, kita yang telah berkomitmen ingin melaksanakan kerja tersebut haruslah bertanggung jawab akan kerjaan tersebut. 
Dan didalam tanggung jawab pasti adanya pengabdian.

Pengabdian adalah perbuatan baik yang berupa pikiran, pendapat ataupun tenaga sebagai perwujudan kesetiaan, cinta, kasih sayang, hormat, atau satu ikatan dan semua itu dilakukan dengan ikhlas. Pengabdian itu pada hakekatnya adalah rasa tanggung jawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar