Selasa, 06 Juni 2017

Pancasila

         Pancasila merupakan ideologi dasar bagi negara Indonesia. Nama Pancasila berasal dari bahasa sanskerta yaitu pañca berarti lima dan śīla berarti prinsip atau asas.Tanggal 1 juni diperingati sebagai hari lahirnya pancasila. Pada tanggal 1 Juni sekarang diperingati sebagai hari libur nasional. Pancasila adalah alat pemersatu bangsa dan sangat penting perannya pada era sekarang. Karena itu setiap individu harus mengerti arti dari setiap Poin atau butir dari pancasila tersebut.
 

            Pada sekarang ini banyak pemuda pemudi Indonesia yang menggunakan kata saya pancasila dan saya indonesia, meskipun baik untuk generasi bangsa yang sekarang ini tetapi kita harus paham arti dari pancasila tersebut. Mungkin belum banyak yang paham akan arti dari pancasila tersebut. Bukan hanya sebuah kata tetapi sebagai ideologi dasar bagi negara kita yaitu Indonesia.


         Pancasila mengajari kita bagaimana kita untuk bersatu padu dalam memahami dan menghormati tiap perbedaan atau keragaman dari kita. Karena banyak sekali kebudayaan maupun bahasa yang berbeda disekitar kita, yang perlu kita pahami dan hormati perbedaan tersebut. Bukankah suatu lukisan akan begitu indah bila memiliki berbagai warna ? Begitupun hidup ini akan begitu indah jika memiliki warna yang beragam. Selayaknya kita yang beragam dan memiliki warna yang begitu indah.

       Mulai dari sekarang kita memiliki peran untuk bangsa kita sendiri, sebagai generasi bangsa. Pahami dan hormati apa itu arti perbedaan. Agar penerus bangsa kita tau apa itu Pancasila dengan keragamannya yang indah di Indonesia.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar