Rabu, 28 Maret 2018

Modern Strategy Game


Pada kesempetan kali ini saya akan membahas salah satu game yang sering saya mainkan, game ini merupakan seri terbaru permainan strategi keluaran dari 2K games yang dideveloperi oleh Firaxis Games, yaitu Sid Meier's Civilization VI.



Game ini masih sering saya mainkan sampai sekarang. Karena menurut saya gameplaynya yang begitu menarik, Bayangkan saja setiap kita memulai permainan baru kita dipaksa untuk berpikir  kelangkah selanjutnya, ya namanya juga game strategi ya kan ?  Meskipun banyak orang yang mengatakan gameplay dari game strategi itu sangat membosankan. Ya karena setiap individu memiliki selera masing-masing dan kita gak bisa untuk menyalahkannya.

Langsung saja saya akan membuat rangkuman atau ringkasan apa sih game civilization itu, karena saya sering memainkan game ini jadi saya akan membuat tulisan ini sebagai bentuk penghargaan saya karena telah menghabiskan waktu untuk game ini.



Sejarah Game Civilization

Karena seri terbaru dari game ini terdapat angka romawi VI yang berarti pasti ada awalan atau seri sebelumnya dari game tersebut. Awal game ini tercipta pada tahun 1991 yang berjudul Sid Meier's Civilization. Akar dari game tersebut adalah Sidney K. "Sid" Meier atau yang lebih dikenal sebagai Sid Meier's. Sehingga sampai sekarang game ini masih berjudul Sid Meier's Civilization.

            Pria Kanada kelahiran 24 Februari 1954 ini memulai sejarah panjangnya di dunia game dengan mendirikan perusahaan MicroProse bersama-sama dengan Bill Stealey di tahun 1982. Proses pengembangan Civilization berikutnya atau Sid Meier's Civilization II memakan waktu lima tahun. Lebih tepatnya pada tanggal 29 Februari 1996 Sid Meier's Civilization II muncul di pasaran di bawah bendera MicroProse.

Merasa perlu mengadakan banyak perubahan apalagi MicroProse baru saja terpecah belah, Meier dan Jeff Briggs mendirikan Firaxis Games untuk melanjutkan seri Civilization. Singkat cerita ditunjuklah Soren Johnson (game programmer) untuk menemani Jeff Brigs dalam menggarap sekuel Civilization II. Imbas dari segala perubahan yang terjadi di atas mempengaruhi Civilization III secara keseluruhan sehingga game ini memiliki gameplay dan taktik yang berbeda dibandingkan seluruh seri sebelumnya.

Sid Meier's Civilization III yang hadir pada tahun 2001 menggeser fokus utama permainan ke pengembangan kota dan masyarkat di dalam peradabanmu. Bila pada prekuelnya pemain hanya dibuat cemas oleh perkembangan musuh, maka dalam Civilization III banyak faktor lain yang akan membuatmu berpikir keras dalam mengambil keputusan. Sehingga game dapat membuatmu lebih berpikir untuk ngambil langkah selanjutnya.

Karena mendapatkan sambutan yang positif Firaxis akhirnya melanjutkan kebiasaan untuk memberikan ekspansi untuk seri Civilization, tentunya hal tersebut dilakukan agar kamu bisa terus memainkan Civilization sambil menunggu sekuelnya yang sedang dikembangkan.


Di tahun 2005 Firaxis Games dibeli oleh Take Two Interactive, sang raksaksa industri game yang memiliki perusahaan sekaliber Studio Rock Star dan 2K Games. Di saat yang hampir bersamaan, Firaxis Games merilis sekuel Civilization berikutnya yaitu Sid Meier's Civilization IV. Soren Johnson kembali dipercaya oleh Firaxis untuk mengembangkan game ini dan imbasnya adalah upgrade dan penyempurnaan besar-besaran pada sisi gameplay dan mekanisme permainan yang berlanjut hingga sekarang.


Platform game Civilization VI

MacOS, Microsoft Windows dan Linux
Cukup jelas dari platform diatas, game ini memang hanya dapat dimainkan melalui PC atau komputer. Karena game ini memiliki gameplay yang cukup kompleks atau sedikit rumit jika dimainkan memalui perangkat mobile  maupun console seperti PlayStation atau Xbox. Jika dipaksakan rilis untuk perangkat lainnya mungkin akan mengakibatkan gameplay yang dikurangi supaya tidak terlalu rumit untuk dimainkan.

tetapi baru-baru ini game civilization 6 mulai tersedia di app store yang berarti game ini sudah mulai dapat dimainkan diperangkat tersebut. Setelah saya membaca deskripsi dari preview game tersebut memerlukan syarat atau hanya kompatibel di perangkat iPad Air 2, iPad 2017, atau segala jenis iPad Pro. 

Genre



Genre dari game ini adalah Turn-based strategy dan 4X. Meskipun intinya adalah tetap strategi tetapi terdapat jenis ataupun cara  yang berbeda pada tiap game strategi tersebut, untuk lebih jelasnya saya akan mencoba menjelaskan genre dari game ini.

Turn-based strategy. Sesuai namanya yaitu “Giliran” atau bisa juga disebut bergantian. Karena pada dasarnya game ini, setiap player atau pemain akan diberi kesempatan untuk memainkan gilirannya. Genre ini berbeda dari game strategi lainnya dimana para pemain dapat bermain secara bersamaan. Pada saat gilirannya pemain diwajibkan harus berpikir bagaimana cara mengembangkan atau mengarahkan tujuan dari  kerajaannya tersebut.

4X merupakan sebuah genre dari game strategi dimana para pemain harus mengendalikan atau mengatur wilayah kekuasaannya atau kerajaannya sendiri. Terdapat 4 inti yang sesuai dari penamaannya tersebut yaitu explore, expand ,exploit dan exterminate. Saya akan sedikit menjelaskan arti dari 4 kata tersebut pada gameplay civilization 6.    

Explore adalah menjelajahi tempat dimana kita harus membuka vision atau penglihatan dari map atau peta yang belum kita jelajahi. Dalam explorarisasi kita dapat melihat kerajaannya lainnya maupun musuh atau barbarian yang terdapat pada kawasan tersebut.
Expand adalah memperluas wilayah kekuasaan, yaitu membangun suatu kota baru atau dapat menyerang kota yang dimiliki kerajaan lainnya.
Exploit adalah memanfaatkan sumber daya alam yang tersedia untuk proses pengembangan kerajaan kita.
Exterminate adalah menghancurkan musuh dimana saat kita menjelajahi atau mengexplore akan melihat kerajaan lainnya yang dapat kita jadikan kawan maupun lawan.


Aspek Bisnis



Permainan ini telah mengirim lebih dari satu juta unit dalam dua minggu pertama perilisannya, membuatnya menjadi game paling laris dalam seri Civilization hingga saat ini. Pada bulan Mei 2017, game ini telah terjual lebih dari 2 juta kopi, memberikan kontribusi signifikan terhadap publisher dari game itu sendiri yaitu Take Two. Pada tahun 2017 melaporkan pendapatan sebesar $ 576,1 juta. Take Two menyatakan bahwa Civilization VI berada pada jalur dimana dapat melewati angka penjualan dari game seri sebelumnya yaitu Civilization V yang terjual sebesar 8 juta.


Referensi

https://www.civilization.com/
http://www.kotakgame.com/feature/detail_feature/132/Sejarah-Game-Civilization/1/6/1/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar